Fitur Rahasia Windows 8 - Part3

Tips Windows 8 : Produktivitas
Petunjuk bagi anda agar bisa menjelajah kecanggihan Windows 8


19. Menonaktifkan Kunci Layar
Jika anda ingin agar boot Windows 8 anda lebih cepat, anda bisa menonaktifkan fitur Screen Lock Windows 8. Itupun jika anda merasa fitur ini tidak begitu bermanfaat bagi anda atau kurang penting. Anda bisa melakukan pengaturan di Registry Editor. Ikuti langkah berikut :

Pertama : ketik gpedit.msc di kotak run (+R) kemudian Enter. Maka akan muncul kotak dialog "Local Group Policy Editor". Kemudian expand pilihan Computer Configuration >> Administrative Templates >> Control Panel >> Personalization. Lihat panel kiri, Klik 2x pilihan Do not display the lock screen >> pilih disable.
Fitur rahasia windows 8


20. Menginstall Aplikasi Apapun
Windows 8 memberikan layanan untuk pembatasan aplikasi yang tidak bersumber dari penyuplai terpercaya untuk melindungi keamanan anda. Memang seringkali Windows 8 membatasi aplikasi yang akan anda instal untuk tujuan tersebut.
Jika ini menjadi masalah bagi anda, anda bisa melakukan pengaturan untuk itu dan anda bersedia untuk mengambil resiko keamanan jika sistem diatur agar bisa mengambil aplikasi dari sumber manapun.
Pengaturan : lakukan di menu gpedit.msc (sudah saya jelaskan cara memulai ini pada point 19). Cari ke Computer Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> App Package Deployment >> klik 2x "Allow all trusted apps to install" >> Enable >> OK.

21. Login Otomatis
Peringatan : Akun anda akan kehilangan hak sebagai Administrator jika anda mengikuti langkah ini.

Saat anda memilih untuk menonaktifkan layar kunci pada saat masuk, anda akan tetap diminta untuk login Username dan Password dan jika anda memilih untuk menghilangkan ini juga, tentunya waktu anda untuk masuk ke desktop akan lebih cepat.

Cara : Tekan tombol (+R) untuk masuk dalam menu Run. Ketik 'netplwiz' lalu tekan Enter anda akan masuk ke menu User Account. Hilangkan tanda checklist pada pilihan " Users must enter a user name and password to use this computer lalu masukkan username dan password yang anda gunakan untuk masuk secara otomatis. Klik OK dan Restart komputer anda untuk emmperoleh hasilnya.
Fitur rahasia windows 8

22. Mengembalikan Start Menu
Pada Windows 8 tidak menggunakan tombol Start seperti pada Windows 7, Jika anda merasa belum bisa menggunakan Windows 8 tanpa tombol Start atau anda tidak bisa lepas dari ini di Windows 7, anda bisa menggunakan software gratis ViStart untuk mendapatkannya Start Menu Windows 7 kembali di Sistem Operasi Windows 8. Klik disini download Vistart.
Selain itu, anda juga bisa menggunakan Start8 untuk menampilkan Start Menu tersebut dengan tampilan yang lebih up to date dengan beberapa kustomisasi dan fungsional yang mirip dengan ViStart.
Windows 8 Tips | Fitur rahasia windows 8

23. Tombol Pintas Windows 8
Disini akan saya berikan beberapa tombol Shortcut atau tombol pintas untuk mengakses Windows 8 :

Win: beralih antara layar Start dan yang terakhir-menjalankan Windows 8 app
Win + C: menampilkan Charms: Pengaturan, Devices, Share dan Search pilihan
Win + D: Menampilkan desktop
Win + E: Menampilkan jendela Windows Explorer
Win + F: membuka panel Pencarian
Win + H: membuka panel Share
Win + I: membuka Settings
Win + K: membuka jendela Devices
Win + L: mengunci PC Anda
Win + M: digunakan untuk 
Minimize jendela explorer atau IE (Internet Explorer) atau layar yang sedang aktif menuju Desktop
Win + O: matikan perangkat orientasi kunci dan mematikan
Win + P: beralih tampilan Anda ke layar kedua atau proyektor
Win + T: membuka panel untuk Cari App
Win + R: membuka kotak Run
Win + U: membuka Kemudahan Access Centre
Win + V: siklus melalui toasts (pemberitahuan)
Win + W: mencari sistem pengaturan (tipe DAYA untuk link ke semua kekuatan-opsi terkait, misalnya)
Win + X: menampilkan menu teks alat Windows berguna dan applet
Win + Z: menampilkan menu konteks klik kanan ketika dalam aplikasi layar penuh
Win + +: peluncuran Magnifier dan zoom in
Win + - : zoom out
Win +, : Mengintip Desktop untuk sementara
Win + Enter: menampilkan menu Narator
Win + PgUp: memindahkan layar saat ini ke monitor kiri
Win + PgDn: memindahkan layar saat ini ke monitor kanan
Win + PrtSc: Printscreen aktifitas layar dan tersimpan ke folder Gambar
Win + Tab: beralih di antara aplikasi berjalan

24. Shutdown cepat di Windows 8
Cara untuk melakukan Shutdown di Windows 8 begitu sulit ditemukan bagi anda yang masih awam. Hal ini dikeluhkan orang2 yang pertama mencoba Windows 8. Jika anda ingin agar Aktifitas Shutdown dan Hibernate serta power lain hanya dilakukan sekali klik, silahkan ikuti langkah berikut.

Di desktop anda Klik kanan >> pilih New >> pilih Shortcut >> masukkan alamat direktori berikut :
C:\Windows\system32\shutdown.exe -s t 00 = Untuk perintah Shutdown
C:\Windows\system32\shutdown.exe -h t 00 = Untuk perintah Hibernate
C:\Windows\system32\shutdown.exe -r t 00 = Untuk perintah Restart
C:\Windows\system32\rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0 = Untuk perintah Sleep
Fitur rahasia windows 8

setelah anda masukkan alamat direktori untuk perintahnya klik Next dan masukkan nama shortcutnya kemudian Finish. Shortcut yang anda buat akan muncul di Desktop. Lakukan pengaturan lebih dengan mengganti Icon-nya melalui pilihan properties (klik kanan shortcut) dan sematkan icon shortcut ke menu start atau di Taskbar.

Fitur rahasia windows 8

25. Fitur Screenshot Cerdas
Jika versi Windows sebelumnya anda bisa melakukan perintah printscreen melalui Snipping Tool atau tombol PrtScsysrq di Windows 8 juga bisa melakukan hal demikian. Tapi anda bisa lebih simple dan cepat jika ingin mencapture aktifitas desktop anda. cukup menekan tombol Win+PrtScsysrq (+Printscreen), maka gambar akan tersimpan di folder Picture Windows dengan nama subfolder screenshots tanpa perlu aktifitas paste di aplikasi editor paint. Lebih mudah bukan ??

26. Photo Viewer
Secara default, gambar anda akan ditampilkan menggunakan Windows 8 Apps Photo berbeda dengan aplikasi penampil foto yang ada di Windows 7 sebelumnya.
Fitur rahasia windows 8

Jika anda tidak merasa senang dengan penampil foto Windows 8 yang agak lambat dan perlu waktu lama dalam menampilkan, anda bisa mengubah setting program default dari menu Control Panel >> Program Default >> kemudian pilih Windows Photo Viewer pada panel sebelah kiri. Klik Set this program as default.


Tips dan Trik Windows 8 masih berlanjut klik tombol Next


Bagikan di Google Plus

About Unknown

Jangan bangga mengetahui sesuatu itu sendirian, ajaklah orang lain. Kami berbagi bukan karena pintar, tapi kami ingin agar semua orang tahu. - blogAripoknga.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment