Mengatasi Baterai Tidak Terdeteksi di Windows 8



Battery is not detected, Baterai tidak terdeteksi, Baterai tidak dikenal, Laptop battery not detected, Battery not found. Ini merupakan pengalaman pribadi saya. Kalimat-kalimat tersebut yang beberapa hari lalu menggerayangi pikiranku. Kenapa tidak, setelah saya install windows 8 di Laptop saya Toshiba Satellite L645  indikator yang menampilkan status baterai tidak berfungsi. Muncul tanda silang seolah-olah baterai tidak dikenali. Hal ini terjadi hanya di Windows 8. Soalnya jika saya pakai Windows 7 semuanya normal. Lalu saya bertanya-tanya...:

Hal ini patut diberi perhatian yang cukup serius. Karena kalau tidak maka laptop yang kita gunakan akan mati secara langsung tanpa ada pemberitahuan baterai lemah sebelumnya. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka akan berakibat fatal bagi perangkat komputer yang kita gunakan. Misalnya Motherboard. Namun jika kita terus menerus memasang AC Adaptor ke Laptop dalam Kondisi full pun akan berakibat fatal. Kegiatan anda akan terganggu dengan kondisi seperti ini.
Apa yang saya lakukan untuk mangatasi hal ini ?
 Saya mulai menganalisa problem ini ditambah bantuan dari Google dan pengalaman yang sama sebelumnya pada Sistem Operasi Linux. dan yang saya lakukan adalah :
# Instal ulang sistem operasi Windows 8 dan pastikan AC Adaptor dalam kondisi terhubung Sayang, tidak berhasil.
# Lengkapi prose instalasi Windows 8 sampai benar-benar selesai Masih belum berhasil.
# Gunakan versi Windows 8 yang lain. Versi yang saya gunakan mungkin tidak cocok dan tidak membuahkan hasil.
#
Gunakan CD Installer yang lain selain yang saya miliki belum berhasil.

Setelah semua itu saya lakukan, akhirnya saya putus asa untuk menggunakan Windows 8 dan saya pikir Windows 8 tidak bagus bagus amat. Sampai akhirnya kembali saya ingin mencobanya kembali.

Saya mencoba install Windows 8 di perangkat orang lain dengan spesifikasi yang sama. Perangkat orang lain berhasil sehingga saya mengambil kesimpulan bahwa ada masalah pada perangkat saya.

Setelah mendapatkan informasi bahwa penyebabnya adalah versi BIOS yang saya miliki belum mendukung penggunaan driver Microsoft ACPI sehingga windows 8 tidak mengenali baterai pada perangkat saya. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan upgrade versi BIOS saya.

Cara melakukan upgrade BIOS di Laptop Toshiba Satellite L645 klik disini.

Setelah meng-upgrade versi BIOS di perangkat saya, akhirnya baterainya bisa terdeteksi dan mesin penghitung daya baterai bisa berfungsi kembali.
Bagikan di Google Plus

About Syarif Al Qadri Syahrir

Jangan bangga mengetahui sesuatu itu sendirian, ajaklah orang lain. Kami berbagi bukan karena pintar, tapi kami ingin agar semua orang tahu. - blogAripoknga.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: